Resep: Es Krim Homemade (Wajib Pakai Mixer) Mantap

Es Krim Homemade (Wajib Pakai Mixer).

Kamu dapat membuat Es Krim Homemade (Wajib Pakai Mixer) menggunakan 7 bahan dan 13 langkah mudah. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan dari Es Krim Homemade (Wajib Pakai Mixer)

  1. Tambahkan 200 ml of susu full cream.
  2. Sediakan 50 ml of air.
  3. Tambahkan 1 sdm of tepung maizena.
  4. Sediakan 125 gr of gula pasir (saya takar pakai gelas ukur jadi 125 ml).
  5. Tambahkan 1/2 sdm of SP.
  6. Tambahkan of Vanili (saya pakai 1 bungkus kecil).
  7. Sediakan of Topping sesuai selera (saya pakai remahan marie).

Es Krim Homemade (Wajib Pakai Mixer) Petunjuk memasaknya sbb:

  1. Masukkan gula pasir ke dalam panci. Karena malas menimbang, saya mengukurnya pakai gelas ukur. Jadi 125 ml. Tapi tidak tahu apakah itu sama dengan 125 gr atau tidak. Selain itu, takaran gula pasir mungkin bisa dikurangi sedikit jadi 100 bagi yang tidak terlalu suka manis. Nanti di bawah saya jelaskan lebih lengkap..
  2. Masukkan susu, maizena, dan air ke dalam panci. Aduk-aduk hingga maizena larut supaya saat dipanaskan nanti tidak menggumpal..
  3. Rebus adonan dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mengental dan mendidih..
  4. Setelah kental, tuang ke dalam mangkuk (saya pakai baskom) lalu simpan di dalam freezer hingga setengah beku (5 sampai 8 jam)..
  5. Catatan (lanjutan penjelasan mengenai takaran gula di poin 1): sebelum dipindahkan dari panci ke baskom, bisa dicicipi dulu rasanya. Sewaktu saya membuat ini (artinya gula 125 ml), adonan terasa sangat manis. NAMUN, ternyata setelah jadi es krim nanti, rasa manisnya menjadi pas menurut saya. Pernah baca-baca juga, kalau dingin memang bisa semacam mengurangi rasa manis ketika panas. Ini informasi tambahan saja sebelum mengatur takaran gula sesuai selera ❤.
  6. Bila sudah setengah beku, adonan dikeluarkan dari freezer. Jangan lupa siapkan mixer, SP, vanili, topping, spatula plastik (opsional), sendok makan, dan wadah tempat menaruh es krim sebelum mengeluarkan adonan, ya!.
  7. Mixer adonan dengan kecepatan rendah kurang lebih selama 1 menit. Jangan terlalu lama agar adonan tidak mencair..
  8. Tambahkan SP..
  9. Mixer dengan kecepatan penuh hingga putih berjejak selama 10 sampai 15 menit..
  10. Setelah putih berjejak, bisa ditambahkan topping sesuai selera. Aku membuat adonanku menjadi 3 rasa: original (tidak diberikan apapun), vanilla (ditambahkan vanili), dan remahan marie. Jangan lupa untuk memindahkan ke wadah es krim, ya. Wadahnya bisa macam-macam tidak ada ketentuan khusus kalau setahu aku. Aku sendiri, memakai toples bening bekas frozen food yang sudah dicuci (kebetulan di rumahku numpuk, hehehe)..
  11. Catatan: aku memakai spatula plastik agar lebih mudah. Pakai sendok makan pun tidak apa-apa sebenarnya. Namun, menurutku sendok makan sedikit lebih sulit karena adonannya mudah menyangkut di sisi cekungnya. Berbeda dengan bila menggunakan spatula plastik..
  12. Selanjutnya, tinggal simpan di freezer dan tunggu sampai beku, deh! Aku menunggu seharian. Namun, sepertinya 8 jam pun tidak masalah..
  13. Ini dia hasil akhir fotonya dari aku:.