Resep: Dawet Cincau Hijau Enak

Dawet Cincau Hijau. Com – Siapa sih gak pengin minuman penggoda iman ini? Apalagi bulan puasa gini, pasti nikmat. Cincau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) adalah minuman dingin yang di antara isinya ada semacam agar-agar dibuat dari daun cincau; agar-agar cincau serupa gel yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air.

Cincau hijau alami paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau hijau atau es campur). Kalau di Denpasar, Bali namanya es daluman. Es cincau hijau—tiga kata yang bisa bikin seseorang tergiur apalagi ketika siang hari terik. Kamu dapat memasak Dawet Cincau Hijau menggunakan 12 bahan dan 4 langkah mudah. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan dari Dawet Cincau Hijau

  1. Siapkan of Bahan Cincau:.
  2. Sediakan 30 lembar of daun cincau.
  3. Sediakan 500 ml of air matang.
  4. Sediakan of Bahan Kuah Santan:.
  5. Sediakan 1 bungkus of santan instan (65ml).
  6. Sediakan 500 ml of air.
  7. Tambahkan 1 lbr of daun pandan.
  8. Tambahkan 1/2 sdt of garam.
  9. Sediakan of Bahan Kuah Gula:.
  10. Sediakan 200 gram of gula merah.
  11. Sediakan 50 of gula pasir.
  12. Sediakan 250 ml of air.

Cara membuat cincau hijau lebih sederhana dan mudah daripada proses membuat cincau hitam. Cincau hijau bisa menjadi salah satu minuman pelepas dahaga yang menyegarkan di siang hari. Es cincau hijau biasanya diberi tambahan santan dan cairan gula merah sehingga rasanya manis dan. Ada dua jenis cincau yang biasa kita temui, cincau hitam yang kenyal-padat dan cincau hijau yang lembut.

Dawet Cincau Hijau Petunjuk memasaknya sbb:

  1. Membuat cincau: cuci bersih daun cincau, siapkan wadah masukkan daun cincau tambahkan air matang secara bertahap sambil diremas² sampai mengental. Saring dan istirahatkan sampai teksturnya seperti jelli….
  2. Membuat kuah santan: campur semua bahan santan masak hingga mendidih sambil di aduk supaya santan tidak pecah, angkat dan sisihkan….
  3. Membuat kuah gula merah: campur semua bahan, masak sampai mendidih dan gula larut. Angkat dan biarkan sampai dingin…
  4. Cara penyajian: siapkan gelas, tuang kuah gula merah tambahkan cincau terakhir masukkkan kuah santan bisa ditambah es batu supaya makin segar. Dan siap dinikmati..?.

Karena cincau hijau mengandung senyawa S-S tetandrin. Senyawa ini berkhasiat untuk Mengatasinya kamu bisa membuat ramuan cincau hijau, daun cincau diseduh lalu diminum atau. Atau ada juga yang nyebut dawet dengan cendol. Jadi dawet dan cendol ini nggak bisa dipisahkan deh, udah kayak kembar siam. Warnanya hijau dan teksturnya agak kenyal gitu.